Selasa, 02 Oktober 2012

Membuat daftar isi otomatis Pada Blog

Hampir satu tahun ngeblog baru aq pasang daftar isi otomatis aja pada blog saya ini, karena capek jg ya kalo membuat manual daftar isi saya yang seperti anda lihat di kanan sidebar blog saya ini, sekarang anda pengen tahu yang otomatis kan, coba kamu klik tulisan daftar isi pada menu horisontal di atas, maka hasilnya akan otomatis tampak daftar isi saya, pengen tahu caranya.


Langkah Pertama:
1. Login ke account Blogger
2. Pilih Layout atau Tata Letak --> Edit HTML
3. Setelah itu beri centang pada tulisan Expand Widget Templates
4. Sebaiknya back up dulu template sobat dengan meng-klik Download Template Lengkap
5. Cari kode dibawah ini

<b:include data='post' name='post'/>

Kalau sudah ketemu ganti kode itu dengan script dibawah ini:

<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<a expr:href='data:post.url'>
<div style='padding:6px 0 6px 5px;border-right:1px solid #ccc;border-bottom:1px solid #ccc;margin-bottom:2px;background:#EAE9E9;color:#000000;'>
<data:post.title/></div></a>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>
<b:else/>
<b:include data='post' name='post'/>
</b:if>

6. Simpan Template (save).

Keterangan:#EAE9E9 dan #000000 adalah warna latar belakang (background) dan 000000 adalah warna tulisan (teks). sobat bisa menggantinya jika ingin menyesuaikan dengan template blog sobat.

Sebenarnya sampai disini sudah selesai, coba sobat klik salah satu label/kategoti maka yg muncul hanya judulnya.
Jika sobat ingin menampilkan daftar isi keseluruhan lanjut ke langkah ke dua

Langkah Kedua:
Pada langkah ini kita membuat pemanggil daftar isi.
1. Pilih Layout atau Tata Letak --> Page Element atau Element Halaman.
2. Pilih Add a Gadgets atau Tambahkan Sebuah Halaman
3. Pilih HTML/JavaScript
4. Masukkan kode berikut ke dalam kontennya

<a href="http://Nama blog sobat.com/search?max-results=200">Daftar isi&raquo;</a>

5. Simpan Widgets

NB Keterangan:
untuk blog saya daftar isinya saya letakkan di menu navigasi blog saya,lihat diatas,dan km coba klik daftar isinya,hanya saja saya ambil urlnya saja pada blog saya jd saya hanya memasukkan url ini http://www.sabarmuanas.co.cc/search?max-results=200
Ganti yang merah dengan nama blog sobat, dan nilai 200 adalah jumlah maksimal judul artikel yang akan ditampilkan dalamm satu halaman daftar isi. Silahkan ganti sesuai keinginan

6 Responses to “Membuat daftar isi otomatis Pada Blog”

yousake mengatakan...
12 Oktober 2012 19.01

artikel yg cukup menarik, dan patut di bookmark..
makasih ya..

#Salam sahabat dari saya


AdminCX -Wirya mengatakan...
13 Oktober 2012 08.20

Makasih Gan ^_^salam kenal :)


Wammy San mengatakan...
13 Oktober 2012 14.37

selamat seob dapet award persahabtan dari wammy :D


AdminCX -Wirya mengatakan...
13 Oktober 2012 18.32

wah-wah makasih ya gan:D


reza fahlevi mengatakan...
24 Desember 2012 19.14

THANKS INFONYA GAN


Nanda Wirya Laksana mengatakan...
5 Januari 2013 13.27

iya gan :D sama",makasih udah berkunjung


Posting Komentar