Minggu, 23 September 2012

Kampus Termurah di Sekitar Inggris

Foto : University of Ulster/Alamy
Foto : University of Ulster/Alamy
JAKARTA - Menurut laporan sebuah studi terbaru, mahasiswa yang berkuliah di Inggris bisa memperoleh biaya pendidikan murah di sejumlah universitas di wilayah Irlandia Utara dan Timur Laut Inggris. Dari 117 institutsi yang diukur dalam survei tersebut, University of Ulster di Belfast merupakan universitas dengan biaya termurah. Sementara 10 universitas dengan harga termahal terletak, di Ibu Kota London karena tingginya biaya akomodasi.

Lapoaran Keuangan Biaya Kuliah Mahasiswa 2012 mempertimbangkan biaya kuliah dan rata-rata harga sewa. Setelah dihitung dan mendapatkan nilai keseluruhan, maka akan diperoleh biaya kuliah yang dipatok oleh masing-masing kampus.

Perwakilan Simple Landlords Insurance (lembaga pembuat laporan tersebut) David Jackson mengungkapkan, saat ini calon mahasiswa akan mencari cara untuk mendapatkan biaya termurah ketika memilih sebuah kampus sebagai tempat kuliah. "Ini bukan hanya tentang posisi tabel liga lagi. Dengan biaya pendidikan melonjak, siswa dan orangtua sama-sama akan memperhitungkan total biaya kuliah dan apa yang sebenarnya kamu dapatkan untuk uang telah kamu keluarkan," ujar Jackson, seperti dilansir dari Telegraph, Minggu (23/9/2012).

Tiga universitas top berdasarkan rangking akademik 2013 juga masuk dalam 10 besar universitas dengan biaya kuliah termurah. Oxford University yang menempati peringkat ketiga dalam urutan universitas top se-Inggris berada pada urutan ketujuh untuk biaya kuliah termurah. Di peringkat keenam, terdapat Durham University yang merupakan rangking lima se-Inggris. Sementara itu, di posisi kelima terdapat Lancaster University yang menempati rangking sembilan se-UK.

Beberapa universitas Skotlandia juga menonjol pada daftar karena biaya kuliah yang rendah. Di Skotlandia, mahasiswa lokal tidak membayar uang sekolah, sedangkan biaya untuk mahasiswa asing umumnya di bawah 8.507 poundsterling.

Robert Gordon University mematok biaya kuliah terendah, yakni sebesar 5 ribu poundsterling sementara University of Ulster menetapkan biaya sebesar 6  ribu poundsterling. Meski demikian, rata-rata biaya sewa di Robert Gordon University lebih mahal dibandingkan dengan University of Ulster sehingga menempatkannya di posisi runner up.

Harga sewa tertinggi ditemukan di London di mana sewa rata-rata per minggu untuk siswa adalah 108,03 dan Norwich. Tempat-tempat mahal lainnya untuk belajar adalah Exeter, yakni 94,61poundsterling per minggu, Brunel dan Buckinghamshire New University dengan biaya 91,54 poundsterling, Surrey sebesar 91,23 poundsterling per minggu, dan Cambridge sebesar 90,86 poundsterling.

Universitas termurah untuk studi dengan biaya sewa rata-rata adalah Teesside University yang berbasis di Middlesbrough di mana sewa rata-rata mingguan bagi mahasiswa hanya 43,68 poundsterling. Lokasi universitas lain yang menawarkan biaya sewa murah, yakni Glamorgan sebesar 45,74 poundsterling, Staffordshire sebesar 46,69 poundsterling, Hull sebesar 47,42 poundsterling, serta lembaga Queen Belfast dan University of Ulster yang berbasis di Belfast sebesar 51,10 poundsterling.

Penelitian ini mengambil sejumlah gedung sewa secara acak dari daerah sekitar universitas dan rata-rata biaya hidup mereka.

sumber : okezone.com

1 Responses to “Kampus Termurah di Sekitar Inggris”

blogmashanif mengatakan...
23 September 2012 16.52

Yang paling murah aja kayak gitu, Woooow!!!


Posting Komentar